Jumat, 02 Maret 2012

Bumi, Kendaraan Angkasa yang Sempurna

Sekedar Mau Share aja nich.........

Pernakah terpikir di benak anda bahwa kita sedang mengendarai sebuah "pesawat angkasa luar" yang sangat besar? Dimana kendaraan angkasa ini, kita tumpangi bersama dengan miliaran manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Ya, inilah dia, planet Bumi!
Bumi bukan sekedar pesawat angkasa luar seperti yang dibuat manusia. Tetapi, ia adalah sebuah "kendaraan canggih" yang memiliki fasilitas luar biasa. Di dalamnya kita memperoleh segala yang kita inginkan untuk kelangsungan hidup. Mulai dari makanan, minuman, berbagai macam sumber energi, udara dan atmosfer yang ideal, dan segala macam fasilitas yang memungkinkan kita melangsungkan kehidupan sehingga menurunkan generasi-generasi selanjutnya, selama ribuan tahun. Tidak ada satu pun kendaraan ciptaan manusia yang sehebat san sekomplet ini.

Bumi sebagai kendaraan angkasa luar sedang melaju di angkasa semesta dengan kecepatan yang sangat tinggi. Tidak ada satupun pesawat buatan manusia yang bisa menandingi kecepatannya. Sebutlah kendaraan manuasia yang tercepat di era modern ini yaitu pesawat ulang alik Challenger, Columbia, atau Ariane. Rata-rata kecepatannya barulah sekitar 20.000 km per jam.
Tahukah anda, berapa kecepatan Bumi kita melesat di angkasa luar? Tak kurang dari 107.000 km per jam! Sebuah kecepatan yang sangat tinggi. Cepat sekali, lebih dari 5 kali kecepatan pesawat ulang alik buatan manusia.
Untuk apa Bumi lelesat dengan kecepatan sedemikian tinggi? Ternyata, Bumi sedang bergerak mengitari Matahari pada jarak sekitar 150.000.000 km. Dengan kecepatan tersebut, Bumi bisa menyelesaikan putarannya terhadap Matahari, sekali putar dalam setahun atau 365 1/4 hari.
Kenapa Bumi mesti mengitari Matahari? KEnapa kok tidak dian saja? Ya, kalau seandainya Bumi berdiam diri, tidak berputar mengelilingi Matahari, maka Bumi kita ini sudah sejak lema mengalami kematiannya, Lho, kenapa? karena Bumi akan tersedot menuju Matahari. Dan kemudian lenyap terbakar di dalam bola api raksasa itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar