Jumat, 02 Maret 2012

sejarah jam dari taun ke taun

Sejarah JAM,dari zaman dahulu sampai sekarang

Ane mau Share nih,tentang sejarah Jam,dari zaman dahulu,hingga zaman modern seperti sekarang gan. .maap ya gan kalo kurang menarik,soalnya ane masih Newbie.ane tulis pake tangan sendiri gan,dengan sumber buku ensiklopedia ane .dan maafin kalo .
semoga thread ini bermanfaat bagi agan agan semua.

Tahun 2000 SM orang mesir kuno memakai jam matahari untuk mengukur waktu.Dilengkapi Gnomon yg menjadi penentu waktu.

Tahun 1360 SM,Jam air mulai digunakan di Mesir Kuno.ini semacam wadah berlubang yang diisi oleh air.perlahan-lahan air akan keluar lewat lubang kecil.Di wadah tersebut ada ukuran ukuran waktu yang ditentukan oleh berkurangnya air.

Tahun 1300 SM,jam pasir mulai digunakan di Yunani kuno.Penemunya ialah Ctesibus dari Alexandria. pasir jatuh kebawah melewati leher botol yang sempit.ketika pasir di bagian atas habis,itu menunjukan bagian waktu tertentu.

Tahun 1364,jam yang telah diberi "Permukaan" dibuat oleh Giovanni Dondi. sebelumnya,jam tak memiliki permukaan,jadi roda dan mesinya terlihat dari depan.

Tahun 1657,Ahli fisika Belandaa Christiaan Huygens menciptakan jam paling akurat saat itu.penemuanya diilhami oleh jam pendulum Galileo . Fungsi pendulum diganti oleh HUygens menjadi Jangkar atau roda lepas.

Tahun 1929,Warren Alvin Marrison dan Amerika Serikat menemukan jam yang memakai tenaga Kristal Quartz pertama di Dunia.Quartz adalah cairan yang struktur molekulnya berubah bila dialiri listrik.

Tahun 1971,Pulsar,Jam digital elektronik pertama diproduksi di Amerika serikat.yag pada saat itu,harganya Sangat teramat mahal Di bagian pusatnya terdapat sebuah kristal mikroskopis.saat dialiri listrik baterai,kristal menghasilkan Pulsa listrik teratur,yang dapat digunakan untuk menghitung waktu.

Sekian dari ane gan,maap kalo ada yang salah,masih newbie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar